RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa indonesia
Kelas/Semester
: V/Semester I
Pertemuan ke
: Pertama
Alokasi
Waktu : 1x35 Menit
STANDAR
KOMPETENSI
Ø Membaca
puisi dengan lafal yang tepat
KOMPETANSI
DASAR
Ø Membaca
puisi dengan lafal dengan intonasi yang tepat
NDIKATOR
Ø Menjelaskan
pengertian puisi dan intonasi
Ø Menerangkan
perbedaan penjedaan,pelafalan,dan intonasi
Ø Memberikan
contoh cara membaca puisi yang baik dan benar
Ø Menyebutkan
cara membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
TUJUAN
PEMBELAJARAN
ü Siswa
mampu membedakan puisi,intonasi,tekanan,dan penjedaan
ü Siswa
mampu membaca puisi puisi dengan baik
ü Siswa
mampu memahami makna kata-kata dalam puisi
ü Siswamampu
membaca puisi dilengkapidengan gerakan tubuhdan ekspresi wajah yang sesuai
dengan gerak tubuh
ü Siswa
mampu memberi tanggapan terhadap cara pembacaan puisi yang tepat
METODE
PEMBELAJARAN
§ Metode
Ceramah
§ Metode
demontrasi
§ Metode
Tanya Jawab
§ Pemberian
tugas
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan
Awal
·
Mengajak semua siswa
berdoa dengan agama dan keyakinan masing-masing
·
Guru mengabsen siswa
·
Menginformasikan tema
yang akan diajarkan
b. Kegiatan
Inti
·
Guru menjelaskan
pengertian puisi,tekanan,penjedaan,pelafalan,dan intonasi
·
Semua siswa diminta
mendengarkan dan memahami cara membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
·
Guru membacakan sebuah
puisi “Ilmu”dan semua siswa menirukan cara membaca dengan lafal yang tepat.
·
Guru meminta slah satu
siswa maju kedepan kelas untuk membacakan puisi dengan cara yang baik dan benar
·
Bertanya jawab tentang
bagaimana membaca puisi yang benar
c. Kegiatan
Akhir
·
Guru membimbing siswa
untu berdiri dan bersama-sama membaca puisi ‘ilmu’
·
Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
·
Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari (evaluasi hasil belajar)
·
Mengajak semua siswa
berdoa untuk mengakhiri pelajaran
ALAT BAHAN
DAN SUMBER BELAJAR
·
Buku teks siswa ( indahnya
bahasa dan sastra kelas 6 sd )
·
Gambar tentang puisi
PENILAIAN
·
Penilaian lisan
·
Penilaian tingkah laku
·
Penilaian tertulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar